MAKALAH PENCEMARAN AIR LAUT

Makalah Berikut memaparkan bahaya bahan kimia yang mencemari laut di Swedia. juga penyebab dan bahaya bagi sistem reproduksi terutama para nelayan di Swedia.
Oleh : Ihda Rifkiyawati Zulmin
NIM : 1202100001
POLTEKKES KEMENKES MALANG
Jalan Besar Ijen 77c Malang



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang

          Air laut adalah suatu komponen yang berinteraksi dengan lingkungan daratan, di mana buangan limbah dari daratan akan bermuara ke laut. Selain itu air laut juga sebagai tempat penerimaan polutan (bahan cemar) yang jatuh dari atmosfir. Limbah tersebut yang mengandung polutan kemudian masuk ke dalam ekosistem perairan pantai dan laut. Sebagian larut dalam air, sebagian tenggelam ke dasar dan terkonsentrasi ke sedimen, dan sebagian masuk ke dalam jaringan tubuh organisme laut (termasuk fitoplankton, ikan, udang, cumi-cumi, kerang, rumput laut dan lain-lain).

          Kemudian, polutan tersebut yang masuk ke air diserap langsung oleh fitoplankton. Fitoplankton adalah produsen dan sebagai tropik level pertama dalam rantai makanan. Kemudian fitoplankton dimakan zooplankton. Ikan predator dan ikan yang berumur panjang mengandung konsentrasi polutan dalam tubuhnya paling tinggi di antara seluruh organisme laut.

      Polutan tersebut mengikuti rantai makanan mulai dari fitoplankton sampai ikan predator dan pada akhirnya sampai ke manusia. Bila polutan ini berada dalam jaringan tubuh organisme laut tersebut dalam konsentrasi yang tinggi, kemudian dijadikan sebagai bahan makanan maka akan berbahaya bagi kesehatan manusia. Karena kesehatan manusia sangat dipengaruhi oleh makanan yang dimakan. Makanan yang berasal dari daerah tercemar kemungkinan besar juga tercemar. Demikian juga makanan laut (seafood) yang berasal dari pantai dan laut yang tercemar juga mengandung bahan polutan yang tinggi.
     
     Menurut penelitian yang dilakukan Profesor Aleksander Giwercman di swedia para nelayan yang terpapar oleh bahan kimia yang mencemari laut mempunyai kromosom Y lebih banyak. 149 nelayan yang terpapar polutan organoklorin persisten (POPs) berdampak pada jumlah sperma yang membawa kromosom Y dan X.

1.2.Rumusan Masalah
  1. Bagaimana masalah pencemaran bahan kimia di Swedia?
  2. Apakah penyebab terjadinya pencemaran di Swedia?
  3. Bagaimana pengaruh pencemaran bahan kimia terhadap kesehatan reproduksi di Swedia?
  4. Bagaimana Penyelesaian masalah pencemaran bahan kimia?

1.3.Tujuan Penulisan
  1. Mengetahui masalah pencemaran bahan kimia di Swedia
  2. Mengetahui penyebab terjadinya pencemaran di swedia
  3. Mengetahui pengaruh pencemaran bahan kimia terhadap kesehatan reproduksi di Swedia
  4. Mengetahui carapenyelesaian masalah pencemaran bahan kimia.
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Masalah Pencemaran Bahan Kimia di Swedia

        Masalah pencemaran merupakan masalah kesehatan lingkungan yang populer di masyarakat, masalah ini sering menjadi masalah yang mengganggu kesehatan masyarakat secara umum. Berbagai sumber pencemaran ini baik didarat, udara maupun air yaitu industri makanan, tekstil, bahan kimia dll.
      
      Menurut hasil yang diperoleh oleh penulis ternyata ditemukan zat pencemar lingkungan yang dapat mengubah rasio sperma yang membawa kromosom pria dan wanita. Berdasarkan sebuah penelitian ditemukan bahwa paparan kelas polutan yang merupakan produk sampingan dari proses industri dan pertanian meningkatkan sperma dengan kromosom Y.

       Di Swedia, "Nelayan yang terpapar bahan kimia yang kami temukan ini memiliki kromosom Y lebih" Profesor Aleksander Giwercman, dari Universitas Malmo Swedia menyatakan hal ini kepada Reuters.

      The Denmark bersama, Finlandia dan Lithuania studi, juga diterbitkan dalam Human Reproduction, menunjukkan bahwa juga terjadi insiden testis yang tidak turun, risiko kanker testis meningkat di Lituania sebesar 5,7%. Ini lebih rendah dari tingkat 9% di Denmark, tetapi lebih tinggi dari tingkat 2,4% di Finlandia.

     Data kualitas air mani dan kanker testis di wilayah Nordic-Baltik telah memimpin peneliti untuk mengharapkan tingkat yang sama dari testis yang tidak turun di Lithuania dan anak laki-laki Finlandia.

         Fakta bahwa ini tidak begitu menunjukkan bahwa sesuatu di lingkungan itu berpengaruh terhadap janin laki-laki berkembang di rahim.

http://news.bbc.co.uk/2/hi/health/4490843.stm, Last Updated: Wednesday, 27 April, 2005, 23:05 GMT 00:05 UK 

2.2. Penyebab Pencemaran dan Pengaruhnya Terhadap Kespro

       DDT, DDE, dan DDD membesar melalui rantai makanan, dengan apex predator seperti Raptors memiliki konsentrasi bahan-bahan kimia yang lebih tinggi daripada binatang lain di lingkungan yang sama. DDT, DDE, dan DDD bersifat sangat lipofilik dan disimpan di lemak tubuh. DDT dan DDE sangat resisten terhadap metabolisme pada manusia. DDT sangat berbahaya bagi kehidupan perairan, termasuk udang karang, daphnids, udang laut dan berbagai jenis ikan.

       Dioxin, DDT dan PCB, yang digunakan dalam industri dan komersial, adalah contoh dari polutan organoklorin. Polutan hasil industry ini mencemari daerah laut yang menjadi tempat nelayan untuk mencari ikan ini.

          Giwercman (Profesor Universitas Malmo Swedia) dan timnya mempelajari semen dari 149 nelayan yang terpapar polutan organoklorin persisten (POPs) untuk menentukan apakah bahan kimia berdampak pada jumlah sperma yang membawa Y dan X kromosom.

"Jawabannya adalah 'ya,'" kata Giwercman, yang temuannya dilaporkan online oleh jurnal Human Reproduction.

"Untuk pengetahuan kita, ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa distribusi kromosom seks dalam sperma dapat dipengaruhi oleh paparan POPs, "tambahnya.

         Kualitas sperma juga dipengaruhi ketika mereka membandingkan 20 persen dari nelayan terpapar polutan paling tinggi dengan 20 persen yang terendah, mereka menemukan peningkatan sperma kromosom Y dalam kelompok yang terpapar paling tinggi.

"Ini adalah bukti lebih bahwa semua orang terkena bahan kimia memiliki efek pada fungsi sistem reproduksi, "kata Giwercman. Dia menambahkan bahwa kualitas sperma juga dipengaruhi oleh polutan.


( http://health.groups.yahoo.com/group/-AuTeach/messages/2575?m=e&l=1, http://www.msnbc.msn.com/id/7655574/ )
          Para peneliti menganalisis pengaruh paparan dua polutan organoklorin persisten - DDE dan CB-153 - yang paling mungkin berasal dari makan ikan berlemak seperti salmon. 20% dari laki-laki dengan eksposur tertinggi untuk DDE dibandingkan dengan 20% dengan paparan terendah memiliki sperma 1,6% lebih dengan kromosom Y, jurnal Human Reproduction melaporkan. Untuk CB-153 terjadi peningkatan 0,8%.

         Dr Allan Pacey, seorang spesialis dalam kesuburan pria di Universitas Sheffield dan sekretaris British Fertility Society, mengatakan: "Ini adalah pertama kalinya saya telah mendengar polutan yang berpengaruh ini.

( http://news.bbc.co.uk/2/hi/health/4490843.stm, Last Updated: Wednesday, 27 April, 2005, 23:05 GMT 00:05 UK )

          Kebanyakan dioksin melarikan diri ke lingkungan dari emisi udara. Dioksin dapat tinggal di udara untuk waktu yang lama dan dibawa jarak yang sangat jauh sebelum menetap di tanah atau air. Jika dioksin pastoral menetap di tanah, mereka mungkin diambil oleh binatang pemakan rumput dan hewan yang tersimpan dalam daging dan susu. Dioxin juga dapat memasukkan sungai kami, danau dan muara di limbah lucutan, di mana mereka dapat diambil oleh ikan dan kerang. Lebih dari 90 persen terpapar dioksin kita berasal dari makan daging, produk susu dan ikan. Bayi juga dapat terpapar dioxin yang telah terkumpul di dalam air susu ibu.

           Terjadinya pencemaran di laut tidak lepas dari masuknya mineral – mineral yang terbawa melaluai run off atau aliran sungai yang membawa berbagai macam logam berat. Ancaman juga datang dari pencemaran limbah industri, terutama logam dan senyawa organoklorin. Dua jenis bahan berbahaya ini mengakibatkan terjadinya akumulasi (penumpukan kandungan) logam berat padang melalui proses yang disebut magnifikasi biologis. Persis seperti penumpukan kandungan merkuri yang menimpa kerang. 

(makalah kimia lingkungan pencemaran organoklorin, teknik lingkungan 2010 http://blogkesayangan.blogspot.com/.../pencemaran-senyawa-org.)


Pengaruh lain terhadap Perkembangan Dan Toksisitas Reproduksi

         DDT dan DDE, seperti organoklorin lain, telah terbukti mempunyai aktivitas xenoestrogenic, yang berarti mereka secara kimiawi cukup serupa dengan estrogen untuk memicu respons hormonal pada hewan. Ini mengganggu aktivitas endokrin setelah diamati penelitian yang melibatkan tikus dan tikus, dan tersedia bukti-bukti epidemiologi yang menunjukkan bahwa efek ini dapat terjadi pada manusia sebagai akibat dari paparan DDT. Oleh karena itu, ada kekhawatiran bahwa DDT dapat menyebabkan keracunan perkembangan dan reproduksi.

Paparan terhadap DDT (baik sebagai petani atau pekerja pengendalian malaria) telah terhubung dengan:

• Masalah-masalah neurologis
• Asma Carcinogenicity

          DDT dicurigai menyebabkan kanker. NTP mengklasifikasikan DDT sebagai "cukup diantisipasi manusia menjadi karsinogen", dan mengelompokkan EPA DDT, DDE, dan DDD sebagai kelas B2 "kemungkinan" karsinogen manusia. The International Agency for Research on Cancer mengklasifikasikan itu adalah sebagai "mungkin" karsinogen manusia. Evaluasi ini didasarkan terutama pada hasil penelitian pada hewan.

Ada bukti epidemiologi (penelitian pada manusia yaitu) bahwa DDT menyebabkan kanker:
• Hati
• Pankreas
• Payudara
Ada bukti bahwa itu dicampur kanker kontribusi:
• Darah (yaitu Leukemia)
• Testis
• Sistem limfatik (yaitu non-Hodgkin Limfoma)
Sebaliknya, studi epidemiologi menunjukkan bahwa DDT / DDE tidak menyebabkan kanker:
• Plasma, (yaitu multiple myeloma)
• Prostat
• Endometrium
• Dubur
• Paru-paru
• Kandung kemih

(http://blogkesayangan.blogspot.com/2010/02/pencemaran-senyawa-organoklorin-jenis.html)


2.3.    Tanggapan dan Penyelesaian

Telah dipaparkan diatas tentang pencemaran air yang terjadi di Swedia, yang berdampak kepada para nelayan yang terpapar zat polutan yaitu organoklorin (Dioxin, DDT dan PCB) . Pencemaran ini menyebabkan mutasi gen pada peningkatan jumlah kromosom Y pada sperma nelayan yang terpapar bahan ini. Terjadinya pencemaran di laut tidak lepas dari masuknya mineral – mineral yang terbawa melaluai run off atau aliran sungai yang membawa berbagai macam logam berat. Ancaman juga datang dari pencemaran limbah industri, terutama logam dan senyawa organoklorin.
Menurut para peneliti diatas telah dibuktikan bahwa ada pengaruh bahan kimia (polutan) terhadap fungsi reproduksi. Ini fakta yang menunjukkan bahwa sesuatu di lingkungan itu berpengaruh terhadap reproduksi ,bahkan janin laki-laki yang berkembang di rahim.
Hal yang dapat dilakukan adalah apabila seorang pria mencoba untuk hamil dengan pasangan mereka perlu waspada terhadap apa yang mungkin merusak DNA sperma mereka dan meminimalkan eksposur mereka terhadap bahan kimia di rumah ataupun di tempat kerja.
Perlunya kesadaran diri dari masing-masing individu untuk lebih meningkatkan pengetahuannya akan penggunaan Organoklorin. Pemerintah harus membatasi dengan tegas produksi serta penggunaan Organoklorin dan berusaha mengimbangi produksi bahan alami tanpa mengenyampingkannya.


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dioxin, DDT dan PCB, yang digunakan dalam industri dan komersial, adalah contoh dari polutan organoklorin. Polutan hasil industry ini mencemari daerah laut yang menjadi tempat nelayan untuk mencari ikan
Terjadinya pencemaran di laut tidak lepas dari masuknya mineral – mineral yang terbawa melaluai run off atau aliran sungai yang membawa berbagai macam logam berat. Ancaman juga datang dari pencemaran limbah industri, terutama logam dan senyawa organoklorin.
Ini fakta yang menunjukkan bahwa sesuatu di lingkungan itu berpengaruh terhadap reproduksi ,bahkan janin laki-laki yang berkembang di rahim. Perlunya kesadaran diri dari masing-masing individu untuk lebih meningkatkan pengetahuannya akan penggunaan Organoklorin.

3.2 Saran
  • Sebaiknya kita harus meningkatkan wawasan kita tentang bahaya bahan kimia yang ada disekitar
  • Tetap waspada terhadap limbah-limbah industry maupun rumah tangga
  • Jagalah air di lingkungan rumah dan sekitar agar tetap bersih dan terhindar dari pencemaran air.
  • Hindari pemakaian obat atau bahan kimia apapun secara berlebihan dan taati peraturan penggunaan.

DAFTAR RUJUKAN

http://news.bbc.co.uk/2/hi/health/4490843.stm , Last Updated: Wednesday, 27 April, 2005, 23:05 GMT 00:05 UK. Diakses tanggal 30 Maret 2013


2 komentar:

Expo Lowongan Kerja mengatakan...

terima kasih infonya.. hehe
Lowongan kerja bank terbaru http://expocpnsbumn.blogspot.com/2015/05/lowongan-kerja-bank-mandiri.html

Anonim mengatakan...

Butuh Bandar Online terpercaya ?
Yuk join aja menjadi member Di TogelPelangi

Menyediakan permainan ;
Togel Online 6 pasaran favorit
Live dd48red blue Paling FAIR

serta memberikan prediksi terakurat
DISKON Pemasangan :
4D ; 66%
3D : 59%
2D : 29%

Support 4 Bank terbaik :
BCA
MANDIRI
BNI
BRI

Hot Promosi Jackpot Super Lucky
Promosi New Member

Daftar sekarang bos : www.togelpelangi.com/daftar

Info dan contact :

BBM D8E23B5C
LINE togelpelangi
No telp.dan W.a +85581569708

Silahkan bos



Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

More

Bermain Pinguin ^^

Bermain Tikus ^^




Supported by Sasuke Blog


Got My Cursor @ 123Cursors.com